Implikasi Teori Belajar Perilaku terhadap E-learning

Teori belajar perilaku memandang bahwa belajar sebagai perubahan pe-rilaku yang meliputi tindakan, pikiran, dan perasaan. Hasil belajar dapat dia-mati secara kuantitatif dari perilaku dengan mengabaikan pengaruh pemrose-san fikiran. Belajar diarahkan oleh pemberian stimulus yang tepat untuk men-dapatkan perilaku yang diharapkan. Dengan demikian, implikasi teori belajar perilaku terhadap e-learning berfokus pada stimulus penyampaian bahan ajar yang diharapkan diikuti oleh respons pebelajar yang menuju pada perilaku yang diharapkan.

Implikasi untuk e-learning antara lain:

  • Pebelajar perlu diberikan secara eksplisit hasil belajar yang menjadi tu-juan pembelajaran sehingga mereka dapat menyiapkan harapan dan dapat menimbang untuk diri sendiri apakah mereka telah mencapai tujuan terse-but atau belum mencapainya pada saat pembelajaran berlangsung.
  • Pebelajar perlu diuji untuk menentukan apakah mereka telah mencapai tujuan pembelajaran. Untuk itu, online testing atau bentuk tes lainnya per-lu diintegrasikan ke dalam pembelajaran supaya dapat memeriksa keterca-paian tujuan pembelajaran dan memberikan umpan balik yang cocok.
  • Bahan ajar perlu diurutkan sedemikian rupa sehingga memudahkan pebe-lajar untuk mempelajarinya. Urutan bahan ajar tersebut adalah dari mudah ke sulit, dari yang diketahui ke yang tidak diketahui, dari pengetahuan ke penerapan.
  • Pebelajar perlu disediakan umpan balik sehingga mereka dapat meman-tau proses belajar dan mendapatkan perbaikan bilamana diperlukan.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s